Home » » Apakah Bumi memiliki sifat Magnet ?

Apakah Bumi memiliki sifat Magnet ?

Written By Fahjri Asrullah on Jumat, 06 Maret 2015 | 07.34

Kita sering kali bertanya kenapa salah satu kutub dari sebuah magnet batang yang digantung dengan benang selalu menunjuk ke arah utara dan satu kutub yang lain selalu menunjuk ke selatan? Pertanyaan - pertanyaan seperti inilah yang coba kita bahas kali ini.. saya kebetulan membaca buku dan menemukan tulisan ini..sungguh bermanfaat sekali...


Kutub-kutub magnet tersebut pada mulanya diberi nama semata-mata untuk memaparkan arah kutub-kutub tersebut di  atas permukaan Bumi. Diberi nama kutub utara karena kutub magnet tersebut menghadap ke kutub utara Bumi. Demikian juga halnya dengan kutub selatan magnet. Orang pertama yang mengajukan jawaban atas pertanyaan di atas adalah ahli fisika  Inggris yang bernama  William Gilbert. Pada tahun 1600, Gilbert berpendapat  bahwa Bumi itu sendiri merupakan sebuah magnet. Ia meramalkan kelak akan ditemukan bahwa Bumi memiliki kutub-kutub magnet.Teori Gilbert itu ternyata benar. Kutub magnet Bumi akhirnya ditemukan. Sekarang, para ilmuwan  mengetahui bahwa Bumi berperilaku seperti kalau ia mempunyai sebuah magnet batang yang terkubur jauh di dalam pusat Bumi.  Bumi memiliki garis-garis gaya magnet dan dikelilingi  oleh medan magnet yang paling kuat di dekat kutub magnet utara dan selatan. Asal mula sebenarnya  dari medan magnet Bumi  belum sepenuhnya dipahami. Diyakini bahwa medan magnet  tersebut berkaitan dengan inti dalam Bumi, yang  hampir seluruhnya merupakan besi dan nikel.

Yaappp.. seperti itulah penjelasan dari pertanyaan2 kita yang kita temui.. smoga bisa membantu dan menambah ilmu dan pengetahuan kita semua...sumber tulisan dari buku IPA karangan Nur Kuswanti, Rahardjo , Sifak indana , Wasis, Rini dll..
Share this article :

0 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.masteratok.ml - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger