Home » » RPP PPL gue

RPP PPL gue

Written By Fahjri Asrullah on Minggu, 11 November 2012 | 07.12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA Xaverius 1 Palembang
Kelas / Semester        : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran          : FISIKA
Alokasi Waktu           : 4 Jam Pelajaran


Standar Kompetensi
          2.   Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.

Kompetensi Dasar
         2.2  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Mengidentifikasi besaran frekuensi, kecepatan sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
2.         Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif.
3.         Mengidentifikasi percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar.
4.         Menganalisis gerak melingkar berubah beraturan.


A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian gerak melingkar.
2.      Menyebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Mendeskripsikan besaran-besaran dalam gerak melingkar.
4.      Menjelaskan karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
5.      Menganalisis aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Menghitung besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar.
7.      Menjelaskan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif.
8.      Menjelaskan percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar.
9.      Menganalisis gerak melingkar berubah beraturan.

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Gerak Melingkar dengan Laju Konstan
C. Metode Pembelajaran1
             1.  Model    :   -  Direct Instruction (DI)                  
              2.   Metode :   -  Ceramah
                                    -  Demonstrasi
                                    -  Tanya Jawab
                                  
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·       Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah pada kehidupan sehari - hari
l Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
·      Siswa dapat  Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.


D. Langkah-langkah Kegiatan                                                         

PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -     Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.                  
     -     Sebutkan ciri-ciri dari gerak melingkar.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
      -   Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menampilkan vidio tentang materi gerak melingkar (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendefinisikan apa itu gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik berdiskusikan dengan teman terdekatnya mengenai ciri-ciri gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan besaran - besaran fisika yang terkait dengan gerak melingkar dan merumuskannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);



l  Guru memberikan beberapa contoh soal yang berkaitan dengan  besaran – besaran pada gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai besaran – besaran pada gerak melingkar yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal mengenai besaran – besaran pada gerak melingkar dan membahasnya.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik ( dibimbing Guru )  berdiskusi dengan teman sebelahnya mengenai hubungan roda - roda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa contoh soal mengenai hubungan roda – roda . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal mengenai hubungan roda – roda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal mengenai hubungan roda – roda dan membahasnya.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan dan merumuskan percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa contoh soal percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal mengenai percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);


c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);




PERTEMUAN KEDUA
            a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Sebutkan contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l  Sebutkan dua percepatan yang dimiliki benda yang mengalami gerak melingkar berubah beraturan.
l  Prasyarat pengetahuan:
      -     Apakah syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan?
      -     Apakah perbedaan antara percepatan sentripental dan   percepatan tangensial?
            b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru menunjukkan materi/gambar dari bahasan yang akan dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Guru menjelaskan pengertian  gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Siswa mencari contoh-contoh dari gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan perbedaan antara gerak melingkar beraturan dengan gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan beberapa-besaran fisika yang terkait dengan gerak melingkar berubah beraturan dan merumuskannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan tentang kesepadanan gerak melingkar berubah beraturan dengan gerak lurus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal dari gerak melingkar berubah beraturan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru bersama siswa membahas soal-soal yang diberikan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l   Guru menanyakan kepada siswa tentang bahasan materi yang kurang jelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);


            c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik bersama guru membuat rangkuman pembelajaran hari ini. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
a.  Buku Fisika SMA Kelas X penerbit Erlangga halaman 101-121
 b.  Buku referensi yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-       Tes tertulis
-       Penugasan

             b. Bentuk Instrumen:
-       Tes PG
-       Tes uraian
-       Tugas rumah
        
             c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Sebuah benda berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya mula-mula 20 rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
     a. 60 sekon                                              d. 10 sekon
     b. 30 sekon                                             e. 1 sekon
     c. 15 sekon


-  Contoh tes uraian
Sebuah bor gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai percepatan 1.000 rad/s2. Agar sebuah titik pada permukaan sisi samping bor dapat menempuh putaran sejauh 12 m, tentukan waktu putaran yang dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam keadaan diam.

-  Contoh tugas rumah
Carilah animasi – animasi pada pokok bahasan gerak melingakar beraturan.




                                                                                                 Palembang,     19 Oktober 2012
Mengetahui
Guru Pamong                                                                              Mahasiswa PPL,


Jeddy Suparman, S.T.                                                                  Fahjri Asrullah
                                                                                                   NIM. 06091011045

Share this article :

0 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.masteratok.ml - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger