RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA Xaverius 1
Palembang
Kelas /
Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar
kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi
Dasar
2.2
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi besaran frekuensi, kecepatan
sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju
konstan.
2.
Menerapkan prinsip roda-roda yang saling
berhubungan secara kualitatif.
3.
Mengidentifikasi percepatan sentripetal pada
Gerak Melingkar.
4.
Menganalisis gerak melingkar berubah beraturan.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian gerak melingkar.
2. Menyebutkan
contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mendeskripsikan
besaran-besaran dalam gerak melingkar.
4. Menjelaskan
karakteristik Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
5. Menganalisis
aplikasi gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
6. Menghitung
besaran-besaran yang terkait dengan gerak melingkar.
7. Menjelaskan
prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif.
8. Menjelaskan
percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar.
9. Menganalisis gerak melingkar berubah
beraturan.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Gerak Melingkar dengan Laju Konstan
C. Metode
Pembelajaran1
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
2.
Metode : - Ceramah
-
Demonstrasi
- Tanya Jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis
gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah pada kehidupan
sehari - hari
|
l
Menemukan
besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut,
dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
|
· Siswa dapat Melakukan percobaan secara berkelompok
untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi
dan Apersepsi:
-
Sebutkan contoh gerak melingkar dalam kehidupan sehari-hari.
-
Sebutkan ciri-ciri dari gerak melingkar.
l Prasyarat
pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan gerak melingkar?
-
Apa yang menjadi ciri khas gerak melingkar?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menampilkan vidio tentang materi gerak melingkar (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendefinisikan apa itu gerak melingkar. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik berdiskusikan dengan teman terdekatnya mengenai ciri-ciri gerak
melingkar. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan besaran - besaran fisika
yang terkait dengan gerak melingkar dan merumuskannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa contoh soal yang berkaitan dengan besaran – besaran pada gerak melingkar.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal mengenai besaran – besaran pada gerak melingkar yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal
mengenai besaran – besaran pada gerak melingkar
dan membahasnya.(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik ( dibimbing Guru ) berdiskusi
dengan teman sebelahnya mengenai hubungan roda - roda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa contoh soal mengenai hubungan roda – roda .
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal mengenai hubungan roda – roda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal
mengenai hubungan roda – roda
dan membahasnya.(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan dan merumuskan percepatan
sentripetal pada Gerak Melingkar .
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan beberapa contoh soal percepatan sentripetal pada Gerak Melingkar (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Peserta
didik memperhatikan contoh soal percepatan
sentripetal pada Gerak Melingkar yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal
mengenai percepatan sentripetal pada
Gerak Melingkar.(nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
l Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
l Motivasi
dan Apersepsi:
l Sebutkan
contoh gerak melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari.
l Sebutkan
dua percepatan yang dimiliki benda yang mengalami gerak melingkar berubah
beraturan.
l Prasyarat
pengetahuan:
-
Apakah syarat terjadinya gerak melingkar berubah beraturan?
- Apakah perbedaan antara percepatan
sentripental dan percepatan tangensial?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru menunjukkan materi/gambar dari bahasan yang akan dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Guru
menjelaskan pengertian gerak melingkar
berubah beraturan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Siswa mencari contoh-contoh dari gerak
melingkar berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menjelaskan perbedaan antara gerak melingkar beraturan dengan gerak melingkar
berubah beraturan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan beberapa-besaran fisika yang
terkait dengan gerak melingkar berubah beraturan dan merumuskannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru menjelaskan tentang kesepadanan gerak
melingkar berubah beraturan dengan gerak lurus. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru memberikan contoh soal dari gerak
melingkar berubah beraturan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru bersama siswa membahas soal-soal yang
diberikan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l
Guru menanyakan kepada siswa
tentang bahasan materi yang kurang jelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c.
Kegiatan Penutup
l Peserta
didik bersama guru membuat rangkuman pembelajaran hari ini. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E.
Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA Kelas X penerbit Erlangga
halaman 101-121
b. Buku
referensi yang relevan
F.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Sebuah
benda berhenti setelah melakukan 10 putaran. Apabila kecepatan sudutnya
mula-mula 20 rpm, maka waktu yang dibutuhkan benda sampai berhenti adalah ....
a. 60 sekon d. 10 sekon
b. 30 sekon e. 1 sekon
c. 15 sekon
- Contoh tes uraian
Sebuah bor gigi (jari-jari 1 cm) dirancang agar mempunyai
percepatan 1.000 rad/s2. Agar sebuah titik pada permukaan sisi
samping bor dapat menempuh putaran sejauh 12 m, tentukan waktu putaran yang
dibutuhkan. Anggap posisi awal bor dalam keadaan diam.
- Contoh tugas rumah
Carilah animasi – animasi pada pokok bahasan gerak
melingakar beraturan.
Palembang,
19 Oktober 2012
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa PPL,
Jeddy Suparman, S.T.
Fahjri Asrullah
NIM. 06091011045
0 komentar:
Posting Komentar