RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA XAVERIUS 1
Palembang
Kelas /
Semester : X3 (sepuluh tiga) /
Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika
dan dinamika benda titik.
Kompetensi
Dasar
2.3. Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip
dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar
beraturan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menyelidiki
karakteristik gesekan statik dan gesekan kinetik melalui percobaan.
4. Mengidentifikasi
penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menerapkan
hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
6. Menerapkan
hukum Newton pada gerak vertikal.
7. Menerapkan
hukum Newton pada gerak melingkar.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak.
2. Menyebutkan
contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menerapkan
hukum-hukum Newton untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan.
4. Menjelaskan
fungsi diagram gaya yang bekerja pada benda.
5. Menjelaskan
aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang datar.
6. Menjelaskan
aplikasi hukum Newton pada gaya yang membentuk sudut.
7. Menjelaskan
aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang miring.
8. Menjelaskan
aplikasi hukum Newton pada gerak vertikal.
9. Menjelaskan
pengertian gaya gesekan.
10. Menyebutkan
macam-macam gaya gesekan.
11. Membedakan
gaya gesekan statik dan gaya gesekan kinetik.
12. Menyebutkan
gaya gesekan yang bekerja pada benda.
13. Menjelaskan
manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda.
14. Menjelaskan
pengertian gaya sentripental.
15. Menerapkan
konsep gaya sentripental pada berbagai macam kasus.
16. Menjelaskan
hukum gravitasi umum Newton.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi
Pembelajaran
Hukum Newton dan Penerapannya
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menerapkan hukum Newton pada gerak benda
pada bidang miring tanpa gesekan.
|
· Melakukan percobaan gerak benda misalnya
dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik.
|
· Siswa dapat Menghitung percepatan benda dalam sistem
yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam
diskusi kelas.
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi
dan Apersepsi:
- Mengapa pada saat di dalam mobil tubuh kita
akan bergerak ke depan ketika mobil direm mendadak?
l Prasyarat
pengetahuan:
-
Bagaimana bunyi hukum I Newton?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l Guru memberi ceramah dan merumuskan serta melakukan peragaan/percobaan untuk
menunjukkan adanya kelembaaman suatu benda.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l Guru
bersama siswa melakukan demonstrasi dari hukum I Newton . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Siswa
membuat kesimpulan dari demonstrasi yang dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Siswa melakukan diskusi kelas untuk memberikan contoh-contoh
peristiwa kelembaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan
mendefenisikan hukum I Newton. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan ceramah dan melakukan peragaan untuk menunjukkan hubungan antara
percepatan, massa benda, dan gaya, yang merupakan hukum II Newton . (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Siswa
mengamati demonstrasi yang menunjukkan penerapan dan menyimpulkan hukum II
Newton. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
menjelaskan konsep berat dan massa benda.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Siswa
melakukan peragaan untuk menunjukan adanya gaya berat dan merumuskan berat
benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan ceramah dan melakukan demonstrasi untuk menunjukkan gaya aksi-reaksi
yang merupakan hukum III Newton, disertai tanya jawab. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
bersama siswa membahas soal-soal (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
l Peserta
didik bersama guru membuat kesimpulan
belajar hari ini. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA Kelas X penerbit Erlangga halaman 125-177
b. Buku referensi
yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-
Tes tertulis
-
Tes unjuk kerja
-
Penugasan
b.
Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes uraian
-
Uji petik kerja produk
-
Tugas rumah
c.
Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Sebuah benda bermassa 50 kg bergerak dengan
kecepatan 5 m/s. Besarnya gaya dalam
arah berlawanan yang harus diberikan agar benda berhenti setelah 10 s adalah
....
a. 100 N d.
10 N
b. 50 N e. 5 N
c. 25 N
- Contoh tes uraian
Gaya horizontal sebesar 400 N diperlukan untuk mendorong
kereta sepanjang bidang pada laju konstan. Berapakah gaya gesekan antara kereta
dan bidang?
- Contoh tugas rumah
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan hukum-hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai
setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar
atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet,
kemudian kumpulkan ke guru.
Palembang, 19 Oktober 2012
Mengetahui
Guru Pamong Mahasiswa PPL,
Jeddy
Suparman, S.T. Fahjri Asrullah
0 komentar:
Posting Komentar