Home » » RPP PPL HK Newton fisika kelas X3 semester 1

RPP PPL HK Newton fisika kelas X3 semester 1

Written By Unknown on Senin, 12 November 2012 | 01.19



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA XAVERIUS 1 Palembang
Kelas / Semester        : X3 (sepuluh tiga) / Semester I
Mata Pelajaran          : FISIKA
Alokasi Waktu           : 3 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
          2.   Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.


Kompetensi Dasar
         2.3. Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menyelidiki karakteristik gesekan statik dan gesekan kinetik melalui percobaan.
4.      Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
6.      Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal.
7.      Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan bunyi hukum-hukum Newton tentang gerak.
2.      Menyebutkan contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menerapkan hukum-hukum Newton untuk menyelesaikan soal analisis dan soal hitungan.
4.      Menjelaskan fungsi diagram gaya yang bekerja pada benda.
5.      Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang datar.
6.      Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gaya yang membentuk sudut.
7.      Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada benda di atas bidang miring.
8.      Menjelaskan aplikasi hukum Newton pada gerak vertikal.
9.      Menjelaskan pengertian gaya gesekan.
10.  Menyebutkan macam-macam gaya gesekan.
11.  Membedakan gaya gesekan statik dan gaya gesekan kinetik.
12.  Menyebutkan gaya gesekan yang bekerja pada benda.
13.  Menjelaskan manfaat mengontrol gaya gesekan yang terjadi pada benda.
14.  Menjelaskan pengertian gaya sentripental.
15.  Menerapkan konsep gaya sentripental pada berbagai macam kasus.
16.  Menjelaskan hukum gravitasi umum Newton.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Hukum Newton dan Penerapannya

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model    :  -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
             2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                                    -  Observasi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Menerapkan hukum Newton pada gerak benda pada bidang miring tanpa gesekan.
·      Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik.
·      Siswa dapat  Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas.

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
    -   Mengapa pada saat di dalam mobil tubuh kita akan bergerak ke depan ketika mobil direm mendadak?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Bagaimana bunyi hukum I Newton?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru memberi ceramah dan merumuskan serta melakukan peragaan/percobaan untuk menunjukkan adanya kelembaaman suatu benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Guru bersama siswa melakukan demonstrasi dari hukum I Newton . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Siswa membuat kesimpulan dari demonstrasi yang dilakukan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Siswa melakukan diskusi kelas untuk memberikan contoh-contoh peristiwa kelembaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan mendefenisikan hukum I Newton. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan ceramah dan melakukan peragaan untuk menunjukkan hubungan antara percepatan, massa benda, dan gaya, yang merupakan hukum II Newton . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Siswa mengamati demonstrasi yang menunjukkan penerapan dan menyimpulkan hukum II Newton. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menjelaskan konsep berat dan massa benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Siswa melakukan peragaan untuk menunjukan adanya gaya berat dan merumuskan berat benda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan ceramah dan melakukan demonstrasi untuk menunjukkan gaya aksi-reaksi yang merupakan hukum III Newton, disertai tanya jawab. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru bersama siswa membahas soal-soal (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik  bersama guru membuat kesimpulan belajar hari ini. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA Kelas X penerbit Erlangga halaman 125-177
b.  Buku referensi yang relevan
           
                    
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-       Tes tertulis
-       Tes unjuk kerja 
-       Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
-       Tes PG
-       Tes uraian
-       Uji petik kerja produk
-       Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
 -  Contoh tes PG
 Sebuah benda bermassa 50 kg bergerak dengan kecepatan 5 m/s. Besarnya gaya     dalam arah berlawanan yang harus diberikan agar benda berhenti setelah 10 s adalah ....
       a. 100 N                                                d. 10 N
       b.  50 N                                                 e.   5 N
       c.  25 N
                        
    -  Contoh tes uraian
Gaya horizontal sebesar 400 N diperlukan untuk mendorong kereta sepanjang bidang pada laju konstan. Berapakah gaya gesekan antara kereta dan bidang?

                  -   Contoh tugas rumah
Buatlah kliping yang menarik mengenai penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Berilah keterangan atau komentarmu mengenai setiap gambar di dalam kliping tersebut. Kalian dapat mencari sumber gambar atau artikel mengenai topik tersebut dari majalah, koran, atau internet, kemudian kumpulkan ke guru.       


                                                                                                Palembang,     19 Oktober 2012
Mengetahui
Guru Pamong                                                                              Mahasiswa PPL,


Jeddy Suparman, S.T.                                                                  Fahjri Asrullah
                                                                                   


Share this article :

0 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.masteratok.ml - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger