Home » » Rpp Keterampilan bertanya dasar dan lanjut dan memberi penguatan

Rpp Keterampilan bertanya dasar dan lanjut dan memberi penguatan

Written By Unknown on Rabu, 03 April 2013 | 21.33



Rencana Proses Pembelajaran
Sekolah                       : SMA
Kelas / Semester        : X(Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran          : FISIKA
Alokasi Waktu           : 2 x 5 menit
Standar Kompetensi
4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar
4.2.  Menganalisis cara perpindahan kalor.
Indikator
1.      Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi,konveksi dan radiasi.
A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
  1. Menyebutkan cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menjelaskan pengertian konduksi,konveksi dan radiasi.
  3. Menyebutkan contoh perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menentukan laju perpindahan kalor secara konduksi,konveksi dan radiasi.
B. Materi Pembelajaran
          Perpindahan Kalor
C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                   -  Cooperative Learning
             2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Ceramah
                                   -  Observasi


D. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal
Guru    : “Assalamualaikum wr wb”
Murid : “waalaikumsalam wr wb”
Guru     : Sebelum memulai pelajaran hari ini, marilah kita berdoa semoga pelajaran yang kita pelajari pada hari ini dapat dipahami dan berguna pada kehidupan kita sehari-hari. Berdoa mulai.
Murid & Guru menundukkan kepala sambil berdoa
Guru : berdoa selesai.
Guru : baiklah anak-anak, pada hari ini kita akan membahas materi tentang perpindahan kalor (sambil menulis judul dipapan tulis ). Adapun tujuan dari pelajaran ini antara lain kalian dapat menyebutkan cara perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, menjelaskan pengertian konduksi, konveksi dan radiasi, menyebutkan contoh perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, menentukan laju perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.

Guru     : Misalkan ketika kalian makan mie saat panas atau masih hangat, kita meletakkan sendok didalam mangkok mie tadi kemudian kita sentuh ujung sendok tersebut, apa yang kita rasakan....?
Murid    : Panas Pak
Guru      : Ya benar, Ada yang tau mengapa ujung sendok yang kita sentuh tadi terasa panas?
Murid    : karena terjadi perpindahan kalor pak
Guru      : Ya benar sekali, dalam kondisi tersebut terjadi proses perpindahan kalor dari bagian sendok yang panas ke ujung sendok yang dingin, tanpa terjadi perpindahan partikel zat penyusunnya, sehingga proses ini dinamakan konduksi . baiklah itu tadi salah satu contoh perpindahan kalor yang dinamakan konduksi.
Guru    : Berdasarkan kemampuan menghantarkan kalor, benda dibagi atas 2 golongan, yakni konduktor dan isolator, dimana konduktor ialah zat yang mudah menghantarkan kalor sedangkan  Isolator adalah zat yang sukar menghantar kalor. Nah ada yang tahu alat – alat apa saja dalam kehidupan sehari – hari yang menggunakan prinsip konduktor dan isolator ?
Murid  : saya pak, Panci sama wajan yang sering digunakan oleh ibu saya untuk memasak pak.
Guru    : Ya bagus sekali apa yang disampaikan oleh temanmu, ketika ibu kita memasak menggunakan panci yang terbuat dari alumunium, agar tidak merasa panas saat memegang panci gagang panci tersebut dibaluti oleh bahan yang terbuat dari plastik. Nah mana yang merupakan konduktor dan mana yang merupakan Isolator.
Murid  : Alumunium sebagai konduktor sedangkan plastik dan kayu merupakan isolator
Guru    : ya, benar sekali, hal tersebut dapat mempermudah pekerjaan kita di rumah, sehingga banyak sekali penerapan fisika yang berada di sekitar kita
       Dalam perpindahan secara konduksi banyak hal yang mempengaruhi laju kalor konduksi, misalnya beda suhu diantara kedua permukaan, ketebalan benda (semakin tebal permukaan benda maka semakin lambat perpindahannya), luas permukaan benda( makin luas maka perpindahan kalor akan semakin cepat) dan konduktivitas termal zat ( yakni ukuran kemampuan zat menghantarkan kalor, makin besar nilainya maka makin cepat perpindahan kalornya)
        Sehingga daya konduksi kalor
        Ada yang ingin ditanyakan??
Murid : tidak pak.
Guru    :  Nah tadi kita sudah membahas perpindahan panas secara konduksi sekarang bapak akan menjelaskan perpindahan panas secara konveksi. Konveksi adalah perpindahan kalor pada suatu zat yang disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut.
Konveksi terjadi karena perbedaan massa jenis zat. Kamu dapat memahami peristiwa konveksi, antara lain:
1) Pada zat cair karena perbedaan massa jenis zat, misal sistem pemanasan air, sistem aliran air panas.
2) Pada zat gas karena perbedaan tekanan udara, misal terjadinya angin darat dan angin laut, sistem ventilasi udara, untuk mendapatkan udara yang lebih dingin dalam ruangan dipasang AC atau kipas angin, dan cerobong asap pabrik.
Contoh lain pada kehidupan sehari – hari adalah ketika kita memasak air.
Guru      : anak- anak apa yang kita rasakan apabila kita berada di bawah terik matahari? Pasti panas yang kita rasakan? Ada yang tahu mengapa kita merasakan panas tersebut?
Murid  : karena terkena panas dari matahari pak
G : ya benar sekali, panas yang kita rasakan berasal dari kalor yang bersumber dari matahari, Ada yang tahu, bagaimana proses perpindahan kalornya? Apakah itu konduksi, konveksi ataukah radiasi?
M : radiasi pak.
G : bagus sekali, tetapi mengapa tidak konduksi atau konveksi?
M : tidak tahu pak
G : baiklah anak-anak, kalor matahari tidak dapat melalui atmosfer secara konduksi karena udara yang terdapat pada atmosfer tergolong konduktor yang buruk, dan tidak juga konveksi karena konveksi selalu diawali dengan panas bumi terlebih dahulu. Dan yang paling penting perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi tidak mungkin melalui ruang hampa yang terdapat di antara atmosfer bumi dan matahari, sehingga perpindahan kalor tersebut bersifat radiasi yakni perpindahan kalor tanpa memerlukan perantara.
      Dalam kehidupan sehari-hari, ketika kita berpergian ke pantai pada siang hari, bandingkan apabla kita mengenakan baju yang berwarna puih dengan baju yang berwarna hitam. Mana yang terasa sangat menyengat? Dan apabila kita berpergian di malam hari, bandingkan juga baju mana yang lebih enag di pakai? Ada yang bias menjawabnya??
M : kalo siang hari apk bagusnya mengenakan baju putih karena baju hitam menyerap kalor radiasi lebih baik dari baju putiih dan pada malam hari baiknya kita mengenakan baju hitam pak karena baju hitam memancarkan kalor radiasi lebih baik dari pada baju putih pak
G : Ya, tepat sekali, dari uraian yang teman kalian sampaikan, dapat ditangkap bahwa permukaan yang hitam adalah penyerap kalor radiasi yang baik sekaligus pemancar kalor radiasi yang baik pula, permukaan yang putih adalah penyerap kalor radiasi yang buruk sekaligus pemancar kalor yang buruk pula. Jadi itulah salah satu pengaplikasian dari pelajaran fisika dalam kehidupan sehari-hari. Sampai disini ada yang ingin ditanyakan??
M : tidak ada pak, benar juga ya pak, ternyata banyak pengaplikasian fisika dalam kehidupan sehari-hari
G : anak-anak, dalam perpindahan kalor secara radiasi, ada beberapa fakor yang mempegaruhi laju dari radiasi itu sendiri, yakni luas permukaan dan suhu mutlak permukaan tersebut, sehingga menuru Hukum Stefan-Boltzmann, merumuskan
      Diaman σ dikenal dengan tetapan Stefan-Boltzmann dan dalam satuan SI mempunyai nilai
σ = 5,67 x 10-8 Wm-2K-4
      dengan e adalah koefisien emisivitas, yakni suatu ukuran seberapa besar pemacaran radiasi kalor suatu benda dibandingkan dengan benda hitam sempurna, nilainya siantara 0 dan 1.
      Sampai disini ada yang ditanyakan?
M : tidak ada pak,
G : kalo begitu, kalian kerjakan latihan soalnya yang ada di buku ya anak-anak?
Kegiatan Akhir
G : apabila sudah mengerti kita cukupkan dulu pelajaran hari ini, tolong di ulang kembali materinya di rumah. Untuk tugas kalian, tolong pelajari materi selanjutnya., yakni mengenai listrik dinamis. Masih ada yang ingin ditanyakan? Bapak absen terlebih dahulu ( setelah selesai mengabsen)
         Baiklah anak-anak bapak tutup petemuan hari ini dengan “wassalamualaikum wrwr”
M : “waalaikumsalam wrwb”








Share this article :

0 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. www.masteratok.ml - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger